PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER V PRODI PENDIDIKAN AGAMA HINDU STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA TAHUN AKADEMIK 2016/2017

I Nengah Dwi Endra Suanthara

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi prestasi dan pengaruh

Model pembelajaran Tri Kaya Parisudha terhadap prestasi belajar mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Agama Hindu STKIP AH Singaraja. Penelitian ini dirancang dengan eksperimen “Post Test Only Control Group Dign”. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Agama Hindu 54 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu “population study” yaitu meneliti semua subyek yang terdiri dari kelas A dan kelas B. Teknik undian digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol. Dari hasil undian diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas/semester V B sebanyak 28 orang dan kelas/semester A sebagai kontrol sebanyak 26 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, wawancara, pencatatan dokumen, dan observasi. Analisis data digunakan metode statistik deskriptif dan inferensial dalam hal ini analisis perbedaan (t-Test). Berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata kelas eksperimen = 84,36 lebih besar dari rata-rata kelas kontrol = 72,44. Dari hasil uji hipotesis ditemukan hasil signikan pada taraf signifikansi 5% (0,05) dengan dk = 52 dimana batas penolakan hipotesis nol (Ho) yang terdapat dalam tabel (tt) sebesar 1,671, sedangkan koefisien nilai t yang diperoleh dalam penelitian (th) sebesar 1,780. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Tri Kaya Parisudha terhadap prestasi belajar mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Agama Hindu STKIP AH Singaraja. Terkait dengan hasil tersebut maka implementasi hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan/referensi baru oleh dosen/pendidik dalam proses pembelajaran yang berkualitas.


Kata Kunci


Model Pembelajaran Tri Kaya Parisudha, Prestasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anita, Sri W. 2001. Metode Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsini. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

............. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Adisusilo. 2012. Pembelajaran NilaiKarakter. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Djamarah dan Zain Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan ke-II. Jakarta: Rineka Cipta

Elmubarok, Zaim. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Marta Dewi, dkk. 2014. Pengaruh Model VCT Berlandaskan Konsep Tri Kaya

Parisudha Terhadap Hasil Belajar Ranah Afektif Siswa Kelas V di SD

Gugus III Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng. Singaraja: FIP

Universitas Pendidikan Ganesha.

Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah. Jakarta:

https://sukes.wordpress.com/

Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Saputra I Gede. 2009. Tri Kaya Parisudha. https://sukes.wordpress.com/tri-kaya- parisudha/

Sinarwati Ni Kadek. t.t. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Tri

Kaya Parisudha Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa. Singaraja:

file:///C:/Users/User/Downloads/4225-5354-1-SM.pdf

Sudharta, Tjok Rai. 2001. Upadesa tentang Ajaran Agama Hindu. Surabaya:

Paramita.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Pasupati is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.