ANALISIS IMPLEMENTASI INTERGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI PASRAMAN SE-JABODETABEK

Ketut Angga Irawan

Sari


Pendidikan karakter adalah usaha menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik (habituation) sehingga peserta didik mampu bersikap dan bertindak berdasarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya. Salah satu media penting dalam pendidikan karakter adalah pendidikan agama Hindu di Pasraman. Penelitian ini bertujuan untuk menilai integrasi pendidikan karakter dalam pendidikan agama Hindu di Pasaman Se-Jabodetabek.

     Penelitian ini dilakukan di 5 Pasraman di Jabodetabek selama bulan Mei – November 2015 menggunakan desain mixed (campuran) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Aspek yang dinilai adalah perencanaan, pengelolaan dan implementasi pendidikan karakter, dampak pendidikan karakter dan faktor pendukung dan penghambat integrasi pendidikan karakter dalam pendidikan agama Hindu di Pasraman. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, studi dokumentasi, dan angket.

     Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ntegrasi pendidikan karakter dalam pendidikan agama Hindu di pasraman se-Jabodetabek belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan belum baiknya proses perencanaan, pengololaan dan implementasi pendidikan karakter di pasraman. Faktor pendukung implementasi integrasi pendidikan karakter di pasraman adalah moivasi guru. Sedangkan faktor penghambat adalah motivasi siswa untuk belajar di pasraman rendah, pemahaman guru tentang pendidikan karakter rendah, orang tua masih berorientasi pada nilai, dan sarana prasarana pasraman yang tidak memadai.

     Diperlukan perubahan paradigma pemerintah, pengelola pasraman, guru, dan orang tua mengenai pendidikan agama. Pemberdayaan pasraman sebagai sarana pendidikan karakter anak Hindu harus lebih dioptimalkan.


Kata Kunci


Pendidikan, Karakter, Pasraman

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni. 2011. Revitalisasi Pasraman untuk Membangun Karakter Generasi Muda Bali. Skripsi. Universitas Udayana.

Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Cahyadi. 2014. Menguatkan Indonesia: Revitalisasi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Studi Keislaman; 14: 357 - 375.

Creswell J, 2012. Research Design: Edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darsono, Max, dkk. 20000. Belajar dan Mengajar. Semarang: IKIP Press.

Fitri, N. Implementasi Pendidikan Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Kecamatan Klego Boyolali Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi. STAIN Salatiga.

Gunawan,Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hidayat dalam Bidumansyah, Komalasari, 2011. Pendidikan Karakter: Nilai Inti Bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.

Kemendiknas, 2011. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.

Koesoema. 2011. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman. Global. Jakarta: PT Gramedia

Lexy J. Moleong, 1990. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Remaja Karya.

Marzuki. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Agama. Makalah Seminar. Tidak Dipublikasikan.

Miles, B.B., dan A.M. Huberman, 1992, Analisa Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pemerintah RI. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010 – 2025. Jakarta: Pemerintah RI.

Peraturan Menteri Agama Nonor 56 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Hindu.

Priyatno, 2011. Belajar Cepat Olah Data SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rahman M, 2012. Kurikulum berkarakter: Refleksi dan Proposal Solusi Terhadap KBK dan KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Suarnaya, IP. 2010. Pengaruh Kegiatan Pasraman Terhadap Sikap Religius Siswa Siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2007/2008. Jurnal Ilmiah Widya Sastra; 5: 1-9.

Subamia. 2011. Optimalisasi Eksistensi Laboratorium Pendidikan Sebagai Wahana Strategis Revitalisasi Pendidikan Karakter Berlandaskan Kearifan Lokal. Makalah.Tidak Dipublikasikan.

Sudira, P. 2012. Revitalisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Makalah Seminar. Tidak dipublikasikan.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Wahyuni, L. Pengimplementasian Pendidikan Karakter Oleh Guru Sejarah. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Yuliana, O. 2013. Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Negeri 1 Juwana Kabupaten Pati. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Yunita. Deskripsi Pengintegrasian Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri Se-Kota Pontianak. Skripsi. FKIP Untan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Pasupati is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.